Halaman ini sudah dilihat oleh: 2150 orang,

Tahu pada macam proses penciptaan manusia menurut Al Qur'an

1. Diciptakan tanpa bapak dan ibu: nabi Adam
2. Diciptakan berasal dari seorang laki-laki: nenek Hawa
3. Diciptakan berasal dari seorang perempuan: nabi Isa
4. Diciptakan berasal dari laki-laki dengan perempuan: semua manusia biasa

Ada yang percaya mitos, bahwa nenek moyang mereka berasal dari dewa Matahari, bahkan adapula yang mempercayai nenek moyangnya berasal dari Anjing.

Sebagian ahli, diantaranya Haeckel, percaya bahwa manusia merupakan hasil proses evolusi dari Kera.
Kini teori evolusi mutlak dari Darwin telah ditinggalkan, karena terbukti beberapa makhluk (diantaranya Kecoak, Bakteri-bakteri dlsb.) tidak pernah berevolusi sejak jutaan tahun yang lalu.

Perdebatan tentang asal-usul manusia tidak akan pernah selesai, apabila tidak kita kembalikan kepada firman Allah tentang kejadian manusia.
Manusia adalah makhluk yang termulia diantara seluruh ciptaan Allah.

Oleh sebab itu penciptaan manusia memiliki tujuan yang jelas.

Tujuan ini hanya dapat dijelaskan oleh Sang Pencipta sendiri sebagaimana yang dikutip dari beberapa ayat al Qur'an, diantaranya sbb:

Q.S: 023: 115:
Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?

QS: 033: 072:
Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat (tugas-tugas keagamaan) kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.

QS: 051: 056:
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.

QS: 002: 003:
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau. Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

QS: 006: 165:
Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajad, untuk mengujimu tentang apa yang diberikanNya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaanNya, dan sesungguhnya Dia maha pengampun, lagi maha penyayang.

QS: 075: 012:
Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali.

Secara umum, tata-cara penciptaan manusia disebutkan dalam Al Qur'an sbb:

QS: 004:001:
Hai sekalian manusia , bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam). Dan dari padanya diciptakan (wa kholakho min ha) Allah isterinya (Hawa); dan daripada keduanya, Allah memperkembangkan biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.
Dan bertakwalah kepada Allah (yang dengan) mempergunakan namaNya kamu saling meminta satu sama lainnya, dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

QS: 039:006:
Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan darinya isterinya ......dst.

QS: 004:171:
Wahai ahli kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimatNya yang disampaikanNya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dariNya........dst.

QS: 015: 028:
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

QS: 015: 029:
Maka apabila Aku menyempurnakan kejadiaannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

QS: 055: 014:
Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar.

QS: 037: 011:
Maka tanyakanlah kepada mereka (musyrik Mekkah): Apakah mereka yang lebih kukuh kejadiannya ataukah apa yang telah Kami ciptakan itu ? Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat.

Dengan ditemukannya tehnologi kloning, dan telah berhasil dilakukan pada binatang, maka akan menjadi permasalahan di masa yang akan datang tentang proses pembentukan manusia baru.
Apakah seorang manusia dapat dilahirkan tanpa bapak atau tanpa ibu.

Kalau Dunsanak setuju dengan pesan Tahu pada nan Empat ini, tolong di Like & Send atau di Tweet

Kembali ke daftar judul     Kembali ke Halaman Utama